Arsip

TIPS & TRICK

Kinerja Komputer Oke
________________________________________

  • Ada banyak sebab mengapa kinerja komputer menjadi lambat. Berikut ini adalah beberapa langkah dan trik yang bisa anda lakukan untuk mempercepat kinerja PC Anda. Apakah anda sebelumnya mengutak-atik setting BIOS? Coba anda masuk ke menu setting BIOS (tekan Del/F1 beberapa saat setelah PC dihidupkan) dan pilih “Load Optimal Setting”, jika ada. Alternatif lain, pastikan setting “Cache Memory” dan “BIOS Cacheable” juga on. Anda juga bisa mengecek dan memastikan setting kecepatan prosesor, memori, dan bus adalah sesuai dengan spesifikasi PC anda, jika anda merasa cukup familiar dengan PC.
  • Mungkin ada sector pada HD yang sudah sulit diakses karena dalam kondisi bad atau hampir bad. Pada sejumlah controller HD, jika head ca/tulis kebetulan harus mengakses sector2 seperti ini, maka controller akan memaksakan head baca/tulis ini untuk mengaksesnya lebih lama dan beberapa kali. Jadinya sistem secara keseluruhan seolah-olah berhenti beberapa saat. Cara penanganannya adalah dengan menggunakan fasilitasnya Windows, yaitu ScanDisk secara Thorough, atau menggunakan DiskDoctor-nya Norton, seperti yang telah anda lakukan. Alternatif lain, di sejumlah BIOS ada menu untuk melakukan “Scan Bad Sector” yang bisa digunakan untuk maksud yang sama.
  • Pastikan tidak ada masalah dengan prosesor dan memorinya. Saat anda menyalakan PC, pastikan tidak ada pesan “warning” atau “failure” untuk kedua komponen tersebut. Coba anda non aktifkan juga setting “Enable Quick Boot”, agar memori selalu dites saat PC dinyalakan.
  • Terkadang motherboard/chipset tertentu juga membutuhkan driver tertentu agar dapat bekerja secara lebih optimal. Driver-driver seperti ini isa anda dapatkan pada situs-situs dari pembuat motherboard/chipset bersangkutan. Silahkan buka CPU anda untuk melihat merek/jenis motherboard dan chipset PC anda, kemuadian kunjungi situs tersebut, dan instal drivernya.
  • Jika anda telah melaksanakan keempat langkah diatas maka bisa diasumsikan bahwa masalahnya sekarang tinggal yang bersifat software. Untuk sistem operasi, prosesor kelas pentium 1 dengan memori yang cukup memang bisa menjalankan Win98. Tapi jika anda ingin kinerja yang cepat, pertimbangkan memakai Win95. Pilihlah Win95 yang OSR2 (operating system release ke-2), karena memiliki driver dan utilitas yang lebih lengkap.
  • Lakukan proses clean instal Windows-nya. Jadi format HD (backup dulu data-data yang penting), kemudian install Windows-nya. Hal ini penting agar anda mendapatkan registri dan file-file di folder Windows yang bersih.
  • Jangan biarkan Windows mengatur sendiri virtual memorinya. Klik kanan icon My Computer, pilih Properties, Performance, Virtual Memory, dan pilih Let me specify my own virtual memori setting. Isikan di entri Minimum dan Maximum dengan angka yang sama yaitu 2 kali besar memori fisik da (64 MB. boleh juga 2.5 hingga 3 kali memori, tergantung profil kebutuhan memori sistem anda). Dengan setting seperti ini, file virtual memorinya bersifat permanen sehingga lebih cepat. Kelemahannya, jika anda menjalankan program yang rakus memori atau menjalankan banyak program, komputer bisa hang.
  • Jangan pakai “Theme”. Set wallpaper ke “none”. Set kedalaman warna ke 16 bit saja, kecuali anda banyak bekerja dengan foto/grafis. Caranya, tekan Start, Control Panel, Display, dan set dari situ. Ohya, jika kartu grafis anda memakai shared memory/integrated, coba anda ke BIOS dan set “VGA Aperture”/”VGA Memory” ke 8 MB atau sekalian ke 4 MB saja. Kesemua langkah tersebut untuk menghemat memori.
  • Setelah mengoprek hardware dan sistem operasi, sekarang giliran ke aplikasi program. Jangan pakai program terbaru, cukup yang versi agak ma saja. Misalnya, jika anda menggunakan Word, jangan pakai yang versi 2000 atau malahan XP, tapi cukup yang versi 97 saja. Word 97 ini juga memiliki kemampuan Outline, Equation Editor, Table, pembuatan daftar isi/gambar/table otomatis, Style, dan lain-lain juga, persis seperti yang dibutuhkan oleh seorang mahasiswa seperti anda. Anda juga bisa menggunakan fasilitas Master Dokumen, jika membuat dokumen yang besar seperti tesis anda. Jika anda banyak meng-attach gambar, attach sebagai picture, bukan object. Bisa juga Word anda set agar tidak menampilkan gambarnya, tapi tempatnya saja. Caranya, buka Option, Tools, View, Picture Place Holders.
  • Jangan banyak menjalankan program/service pada PC anda. Kecuali untuk kebutuhan khusus, anda hanya memerlukan program anti virus sbg plikasi yang berjalan secara background. Untuk mematikan service2 yang berjalan dari saat restart, coba lihat setting dari program2 bersangkutan, atau klik Start, Run, ketikkan “msconfig”, klik Startup, kemudian non aktifkan service2 yang tidak esensial. Karena kelihatannya anda menggunakan Norton Utilities, saya sarankan anda untuk menonaktifkan semua background programnya seperti Protected Bin, CleanSweep, NetDetect. Semuanya, kecuali anti virusnya. Karena kemungkinan anda menggunakan Office/Word juga, pastikan juga anda tidak menggunakan Office Toolbar-nya. Cukup buat icon2 Word dan lain-lain di desktop, dan jalankan programnya dari situ. Pastikan juga anda mematikan OSA.EXE. Program dari Office ini berjalan pada background dan berguna untuk mempercepat pencarian pada file2 Office. Untuk kasus anda, program ini kurang berguna dan hanya membebani PC.
  • Terakhir, jika anda punya uang lebih, cobalah beli tambahan memori sehingga total memorinya bisa 64 MB, akan lebih baik jika lebih. Upgrade memori biasanya merupakan upgrade termurah dengan peningkatan kinerja terbesar. Kelas prosesor Pentium I biasanya menggunakan memori EDO atau SDRAM. Jenis memori ini biasanya banyak yang dijual bekas/second-hand, sehingga dengan biaya kurang dari 100 ribu rupiah, anda sudah bisa menambah memori. Untuk lebih mudahnya, cobalah ke toko komputer yang menjual komponen bekas sambil membawa CPU anda. Mintalah kepada penjualnya untuk memasangkan keping memorinya dan mengetesnya.
%d blogger menyukai ini: